fbpx

Merawat Mobil Bensin

Merawat Mobil Bensin

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang dibutuhkan manusia. salah satu tipe mobil yang umumnya diminati oleh orang banyak adalah mobil bertipe bensin karena dengan beragam model serta kategori yang diciptakan oleh pabrikan otomotif sehingga membuat mobil bertipe bensin mempunyai nilai lebih dimata konsumen pencinta otomotif. selain itu mobil bertipe bensin juga mudah dalam melakukan perawatannya.

lalu bagaimana dalam melakukan perawatan yang benar untuk mobil bertipe bensin ?

  • Gunakan bensin yang sesuai Kendaraan

    Semakin mahalnya harga bahan bakar di indonesia tentunya mempengaruhi konsumen dalam membeli bahan bakar yang lebih murah namun hal ini bisa ber-akibat pada penuruan performa mobil sehingga membuat mesin mobil menjadi kotor atau cepat rusak

  • Gunakan Oli Yang Tepat

    Banyaknya Merek oli dipasaran membuat para konsumen memiliki banyak pilihan dalam menentukan oli yang tepat dan sesuai dengan kendaraannya, salah satunya adalah brand LIQUI MOLY yang memiliki banyak varian oli untuk mobil bertipe bensin LIQUI MOLY Molygen 5W-30, Special Tec AA 5W-30 /Special Tec AA 0W-30, 5W-40 Top Tec 4100, Leichlauf 10W-40, Leichlauf HC7 5w-40, dan Leichlauf High Tec 5W-40 yang dapat merawat mesin mobil bensin jauh lebih baik dari sebelumnya.

 

  • Memeriksa Aki/Baterai

    Aki atau baterai di mobil bensin memiliki peranan yang sangat penting guna memberikan tenaga pada mesin untuk menggerakkan mobil. Bahkan aki atau baterai ini pun termasuk ke dalam suku cadang kendaraan yang wajib diganti dalam batas waktu tertentu.

    Aki memiliki dua tipe yaitu basah dan kering. Selalu periksa cairan didalam aki dan jangan sampai dalam kondisi kering. jangan lupa untuk selalu mengisi ulang cairan elektrolitnya, jika sampai kering maka sel aki bisa terbakar dan tidak dapat menyimpan listrik kembali. Beda halnya dengan baterai kering, sehingga tidak diperlukan untuk mengisi cairan.

  • Memeriksa V-Belt Secara Rutin

    V belt merupakan komponen penting penyusun kendaraan dengan sistem bahan bakar bensin. Merawat V-Belt secara teratur adalah cara yang paling ampuh untuk menjaga performa kendaraan tetap prima. V belt akan aus apabila sudah sampai di batas kilometer penggunaan. Hal tersebut akan mengakibatkan gangguan pada performa mesin.

    V belt juga termasuk ke dalam suku cadang yang harus diganti secara berkala. dengan mengganti V belt sebelum terjadinya keretakan guna mencegah V belt putus. Karena jika V belt tidak dipantau dengan baik, maka akan berakibat buruk pada mesin kendaraan.

  • Memeriksa Air Radiator

    Fungsi radiator itu sangat penting untuk menetralisir panas dalam mesin mobil anda. Dampak buruk dari air radiator kurang adalah mesin overheat, mogok dan mengalami kerusakan pada komponen internal mesin. lakukan pengecekan air radiator sesering mungkin.

  • Melakukan Catalytic System Cleaner

    Catalytic System Cleaner LIQUI MOLY secara efektif membersihkan dan menargetkan penumpukan di intake manifold, katup masuk, mahkota piston, ruang bakar, sensor O2 dan katalitik konverter serta melindungi konverter katalitik dari penyumbatan sehingga pembakaran optimal. dan juga memastikan konsumsi bahan bakar rendah dengan efek jangka panjang.

merawat mobil baru atau bekas dengan rajin ke bengkel untuk melakukan pengecekan keadaan mobil dapat membuat usia pakai kendaraan mobil lebih lama dan terhindar dari kerusakan mesin yang parah.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *